11 May 2019

PIDATO RAMADHAN


Assalamualaikum wr wb


إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Yang saya hormati ibu nilnan ni’mah m.s.i selaku pembimbing saya
Tak lupa para hadirin sekalian yang saya hormati juga.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita hidayah, rahmat, serta segala nikmat yang telah beliau anugerahkan kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul pada pagi hari ini, insya Allah senantiasa diberkahi oleh-Nya.
Shalawat serta salam tak bosan-bosannya kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw beserta para keluarga dan sahabat-sahabatnya. Beliaulah sang revolusioner sejati yang telah membawa umat manusia dari alam kegelapan masa jahiliyah menuju ke alam yang terang benderang lantaran cahaya ilmu pengetahuan yang dibawa-Nya sebagaimana yang kita rasakan saat sekarang ini.
Para hadirin yang dirahmati allah SWT
Sebentar lagi kita akan memasuki bulan rajab, setelah rajab sya’ban setelah itu ramadhan. Itu artinya kita sebentar lagi akan memasuki bulan bulan ramadhan.
Oleh karena itu marilah kita berdoa kepada allah seperti doanya rosul. yg berbunyi :
في رجب وشعبان وبلغنا رمضان اللهم بارك لنا
 (Allahumma baarik lana fii Rajaba wa Sya’baana Wa Ballighna Ramadhana)
“Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Dan izinkanlah kami menemui bulan Ramadhan” (HR.Ahmad dan Tabrani).
Bulan Ramadhan dianalogikan sebagai tamu istimewa. Setiap tamu istimewa wajib diperlakukan secara istimewa pula. Tamu istimewa selayaknya disambut dengan sukacita serta memuliakannya. Bayangkan di tempat tinggal kita kedatangan presiden. Presiden adalah pejabat tertinggi pada sebuah negara yang wajib disambut dengan penuh rasa hormat. Dan menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Apalagi dengan menyambut Ramadhan.
Kenapa sih bulan ramadhan itu harus disambut ?
1.       Karena Ramadhan bulan penggugur dosa kita
2.      yang membuat kita berbahagia adalah, karena Ramadhan merupakan bulan musim kebaikan, dimana kita semua menjalankan ibadah dengan penuh semangat, berbondongbondong dan sungguh terasa lebih ringan.
3.      yang membuat kita berbahagia adalah, karena Ramadhan adalah bulan dimana ukhuwah kita meningkat. Bayangkan saja, bagaimana hari-hari ini dipenuhi dengan banyak pertemuan antar jamaah masjid, dari mulai sholat tarawih berjamaah, tadarusan selepas tarawih, dan masih banyak lagi.
Jadi kita semua harus bergembira dengan datangnya bulan ramadhan tersebut, Terdapat satu hadis yang sangat terkenal yg berbunyi :
مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ
”Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”
Jadi sebelum tamu (ramadhan) itu datang alangkah lebih baik jika kita mempersiapkan terlebih dahulu untuk menyambut bulan ramadhan tersebut.
Naaaah sekarang apa sajakah adab untuk menyambut bulan ramadhan tersebut ?
1.      Taubatan nasukha, dengan memperbanyak dzikir, memperbanyak sholat sunnah, terus yang paling penting mengkodho puasa puasa tahun kemaren apabila masih punya hutang.
2.      Sambung tali silaturrahim dengan tetangga, yang dulunya pernah membuat salah segeralah meminta maaf, yg dulunya kalau simpangan diam diam saja sekarang sebisa mungkin untuk menyapa
3.      Siapkan uang untuk shodaqoh dan membantu faqir miskin, karena kalau kita sudah persiapan jauh jauh hari untuk mempersiapkan, tentu kita tidak akan keberatan karena sudah menabung terlebih dahulu
4.      Siapkan Fisik buat beribadah, dengan pola makan teratur dan olahraga secukupnya tentu badan kita jadi nyaman dalam melakukan ibadah, sebab kalau fisik kita tidak dijaga bisa saja kita tidak nyaman dalam melakukan ibadah,
5.      Merancang agenda-agenda ukhrawi yang tepat  agar mendapatkan manfaat bulan ramadan.Karena banyak diantara kaum muslimin hanya merencanakan agenda  yang bersifat duniawi dengan sangat detil,tapi melupakan agenda-agenda yang bersifat ukhrawi. Ini merupakan gambaran bahwa kaum muslimin kurang memperhatikan waktu-waktu yang berharga dalam memperbaiki hubungan dengan Allah untuk membersihkan dirinya. Dengan adanya planning tersebut semoga bisa menambah ketaatan kita kepada allah dengan  teratur.
Kiranya itu yang bisa saya sampaikan kalau ada kesalahan itu semata mata dari kebodohan saya, kalau ada yang benar itu semata mata dari allah swt untuk itu saya mohon maaf sebesar besarnya,  Akhirul kalam,
Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an laa-ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik.
Wallahul muwaffiq ila aqwamithaaryq
Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh




No comments:

Post a Comment

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melakukan Sidak Ruang Isolasi Pemudik di Kabupaten Kendal

NAMA   : M Fajri Sobah  NIM       : 1404016069 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melakukan Sidak Ruang Isolasi Pemudik di Kabupa...